Back to top
Posted by : Irwan Rahmadi Jumat, 12 September 2014

Pada kali ini saya memberikan ilmu buat pembaca blog ini dan mungkin bermanfaat buat yang membaca nya. Mungkin banyak orang yang mengalami speaker Komputer/ Laptop anda tiba tiba mengeluarkan suara kresek kresek, dan mungkin itu sangat mengganggu, apalagi saat kita memutar lagu atau bermain game yang terdapat lagu di dalamnya. Dan kejadian tersebut banyak di timbulkan karena driver yang ter install bentrok karena ada 2 atau lebih driver sound yang kamu install, atau juga bisa terjadi karena ada beberapa file dari driver kamu yang terhapus oleh anti virus yang kamu install dan kemungkinan yang terjadi karena perangkat sound kamu yang sudah tua. Namun saya mempunyai cara mudah yang mungkin akan membuat sound anda kembali seperti dulu caranya adalah :

1.     Pertama klik kanan icon sound yang ada pada taskbar, kemudian pilih pilihan “Sounds”

2.     Kemudian pilih tab “Playback”.
3.     Kemudian klik kanan icon “Speakers”, dan pilih “Properties”.

4.     Kemudian pilih tab “Enhancements”
5.     Kemudian klik menu “Disable all sound effect”
6.     Kemudian klik OK.
Jika di menu taskbar tidak ada Icon Sound maka caranya adalah :
1.   Masuk ke Contol Panel.
2.   Kemudian pilih Hardware and Sound.
3.   Kemudian pilih Sound.

4.   Dan ikuti langkah nomer 2 pada petunjuk sebelumnya.

Jika langkah-langkah di atas tidak berhasil, cobalah untuk meng-update driver sound kamu. 
Sekian semoga berhasil dan bermanfaat bagi yang membaca. Good Luck :D

{ 103 komentar... read them below or Comment }

  1. wahhh hehe ,makasih nih ,, karna berkat postingan ini suara kresek di laptop ane udah ilang hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sama, speaker aku juga jadi baek kayak gulu lagi MAKKASSSSIHHHH......BAANNGGGGUUUEEETTZZZZ......

      Hapus
    2. udah gw coba.... gk bisa ,,, laptop gw krseek kecil gitu ,,, dan pki hansed pun masih terdengar kresek nya,,,

      Hapus
  2. Sip mantap, hilang sudah kresek - kreseknya.terima kasih boss

    BalasHapus
  3. kenapa ya di laptop saya pengaturan enhacements tidak ada, jadi apa yang menyebabkan laptop saya suaranya ngeresek

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau boleh tau sistem operasinya pakai apa ya mbak ? suara laptop yang ngeresek bisa terjadi karena berbagai faktor, bisa terjadi karena driver sound mbak yang harus di update, atau terlalu banyak proses aplikasi yang berjalan, atau bisa juga terjadi karena speaker mbak yang memang sudah kurang baik

      Hapus
    2. saya juga pengaturan enhacements tidak ada, saya pakai sistem operasi windows 8.1 ,jadi apa ya penyebabnya ka?

      Hapus
    3. Apakah di windows abang ada driver audio,misalnya kayak Realtek HD Audio ?

      Hapus
    4. udah gw coba.... gk bisa ,,, laptop gw krseek kecil gitu ,,, dan pki hansed pun masih terdengar kresek nya,,,

      Hapus
  4. alhamdulillah sound ku udah jernih lagi suaranya, matur suwun infone..hehehe

    BalasHapus
  5. Sebelumnya Terima kasih Atas Info yang anda berikan.
    Adakah cara untuk memasang Equalizer pada sound di komputer?

    Semoga Sukses Selalu :)

    BalasHapus
  6. di laptop saya tidak ada ceklist yang disable all sound effects

    BalasHapus
  7. suaranya masih kresek. gimana nee?

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang ada beberapa faktor yang menyebabkan suara kresek kresek di laptop, seperti membuka program yang terlalu banyak atau driver sound laptop yang harus di update

      Hapus
    2. cara mengupdate driver sound PC gimana yah..

      Hapus
    3. Klik kanan di "My PC", klik properties, baru klik "Device Manager"
      dan cari ikon yang kayak speaker, cari driver audio yang ada di windows. Klik kanan baru klik "Update Driver"

      Hapus
  8. Suarany malah ilang sama sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. tutor di atas sudah saya lakukan apabila terjadi seperti itu mungkin driver dari laptop anda harus di update, atau belum terinstall di laptop anda

      Hapus
  9. Kalo punya saya pas di charger aj kresek speakernya, knp ya mas tpi nnti kadang2 tanpa charger jg bs kresek ??? Windows 10 mas

    BalasHapus
  10. Saya udah ikutin tutor itu bang tapi masih ada suara kresek di headset maupun di sound.nya.
    Saya pake pc bukan laptop. Cpu.nya dapet rakitan sendiri. ???

    BalasHapus
  11. kalo gak ad audio enhancement gmn gan? ane pake Win 10. tiba2 suara kek mendem tapi ad kresek2 gtu. paling speaker cm berdebu aja. thx

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  13. Kenapa ya tiap saya buka laptop kok date and time nya gak update :( tolong dibantu

    BalasHapus
  14. Ngga ada ceklis disable all sound effect,jadi gimana ??

    BalasHapus
  15. Thanks, ngbantu bnget,,tdnya d sangka suara speakerNya rusak, ngeresek gtu, krng udh gk. Makasih...

    BalasHapus
  16. udah sebulan kaya gini kirain speaker laptopnya rusak. thnx gan

    BalasHapus
  17. Suaranya alhamdulillah udah gak kresek2 lagi.. tpi kalo di matiin lptopnya trus di hidupkan lagi kresek2 lagi.. cara yg di atas di ulang lagi hilang kresek2nya.. di matiin lgi trus di hidupkan balik lgi kresek2.. trus coba ngupdate driver audionya alhamdulillah hilang kresek2nya.. tp kalo di matiin trus di hidupkan lagi timbul lgi kresek2nya.. kira2 apanya ya... atau hardwere nya??? Bantu jawab plis.. thanks

    BalasHapus
  18. thx bang, suara kresek2 nya udah ilang, hehe

    BalasHapus
  19. thx bang, suara kresek2 nya udah ilang, hehe

    BalasHapus
  20. terima kasih gan!! sangat bermanfaat postingnya!

    BalasHapus
  21. Sangat Bermanfaat.... Terimakasih

    BalasHapus
  22. Saya baru ganti keyboard, sebelum nya speaker nya gak papa, tapi setelah ganti keyboar yg lengket malah speaker nya rusak, kata tukang service nya hardisk dalam nya yg rusak

    BalasHapus
  23. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  24. makasih infonya min,, sangat bermanfaat
    thanks

    BalasHapus
  25. mantaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaapppppppppppppppppppp thx gan atas blognya membantu cukaleeeeeee,,,,,,,chaayyyooooooooooooooooo

    BalasHapus
  26. ini kalo ada rating bntang, udah ku kasih bintang 100

    BalasHapus
  27. Bermanfaat sekali, terima kasih banyak

    BalasHapus
  28. speaker saya sember, setengah tahun lalu diperbaiki. tapi kok tiba2 sember lagi. itu gimana yaa ? sudah saya coba pakai cara diatas. tapi tetep saja. mohon bantuannya.

    BalasHapus
  29. Min kalo gak ada tulisan disable all sound effect gimana? Windows 10 min laptop saya

    BalasHapus
  30. Biar lebih flexsible pake auto troubleshoot yg udah di sediain dari windows

    BalasHapus
  31. Postingan ini sangat bermanfaat..laptop saya udah bagus..makasih gann

    BalasHapus
  32. Boooooooommmmmmmm!!!!mantab brother ilmu yg sangat bermanfaat dan 1000% berhasil ke laptop gw..
    Semoga ilmu yang di bagikan bermanfa.at dunia akhirat😊😊😊😊😊😊

    BalasHapus
  33. Minta info mas,ini speaker laptop kemeresek, pas pakek headset masih juga kemeresek, padahal headset masih bagus pas dicoba di hp, itu kenapa ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba di update driver dari audio device nya mas

      Hapus
  34. Kok saya ceklis disable all sound effects nya kok gak ada yah?itu gimnaa yah jadi nyaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Punya saya jugak gk ada.. Mohon bantuannya..

      Hapus
  35. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  36. Punya saya ngga bisa, masih kresek2.
    Biasanya saya utek utek bisa hilang terus saya buat main muncul lagi kresek2nya. Tolong pencerahan

    BalasHapus
  37. Punya saya ngga bisa, masih kresek2.
    Biasanya saya utek utek bisa hilang terus saya buat main muncul lagi kresek2nya. Tolong pencerahan

    BalasHapus
  38. Sip ini min, makasih sudah share
    https://cody.id/produk/blower/blower-cody-858-digital/



    CODY***GARANSI SELAMANYA***
    **HARGA DIJAMIN LEBIH MURAH**
    **JASA SERVIS YG PASTI LEBIH CEPAT**

    BalasHapus
  39. tolong dong bantuannya. saya udah ikutin cara diatas tapi kok saya dengerin musik, suaranya masih sember. gimana caranya yah ? mohon bantuannya plis

    BalasHapus
  40. Kenapa ya laptop nya msh ada suara kresek" nya kalo volume nya full, tapi kalo volume nya biasa aja ga di full suara nya jelas.. itu knpa ya?

    BalasHapus
  41. Makasih... Alhamdullilah berhasil..

    BalasHapus
  42. Ka.. yg aku ko ga ada tulisan disable all sound effect nya ya?

    BalasHapus
  43. Terimakasih banget😊 Alhamdulillah sudah bisa bagus lagi suaranya

    BalasHapus
  44. makasih Gan, problem fixed..MantaBs

    BalasHapus
  45. Bagian nomor 4 itu sma saya kok gk ada yah ?
    Tolong dong dibantu

    BalasHapus
  46. Alhamdulillah
    Terimakasih boss
    Dikira laptop sy yang eror

    BalasHapus
  47. Sangat membantu gan... Mantap

    BalasHapus
  48. ada yang pernah ngalamin Lubang speeker laptop kemasukan Klip?

    BalasHapus
  49. makasih atas toturialnya. sangat bermanfaat. notebook jadul saya jadi bagus lagi suarannya

    BalasHapus
  50. Makasih tutorial nya walaupun masih kresek kresek tapi sedikit

    BalasHapus
  51. Tipsnya membantu banget makasih...hehe

    BalasHapus
  52. Saya pake windows 10,udah update sound serta lakuin cara diatas tapi tetep sember.. Apa speakernya rusak ya? Kejadian setelah install ulang windows 10.mohon pencerahan donk.. Thks

    BalasHapus
  53. kok Enhancements nya g ada ya

    BalasHapus
  54. Min provider saya bukan realtex tp conexant dan tidak ada tulisan "disable all sound effect" itu gimana? respont thx

    BalasHapus
  55. Kok malah ga ada suaranya ya

    BalasHapus
  56. baru buka blog ini aja udah bener. Tanpa di apa-apain? Mindset dan suasana hati ngaruh? XD

    BalasHapus
  57. Terima kasih, suaranya sudah tidak kresek2 lagi, sekali lagi terimakasih banyak

    BalasHapus
  58. Tengkyu bro, akhirnya kresak kresek di kompi ane ilang dah

    BalasHapus
  59. kak, laptop saya masih krsek kresek walau tak se keras yg pertama kali. itu gmn kak?

    BalasHapus
  60. baca ini juga https://bangamingadget.com/mencegah-kerusakan-speaker-laptop/, lumayan nambah referensi

    BalasHapus
  61. tiak bisa bisa ... sudah berapa kali ini dicoba blum berhasil

    BalasHapus

- Copyright © Dragonfly - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan - Re-Designed by Irwan Rahmadi -